New Bishop Mgr. Fr. Paskalis Bruno Syukur, O F M


Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM: Uskup Baru Keuskupan Bogor

22 November 2013 pukul 9:19


Pada hari Kamis, 22November 2013, Tahta Suci Vatikan –dalam hal ini adalah Paus Fransiskus– resmimenunjuk Pastor Paskalis Bruno Syukur, OFM sebagai Uskup baru untuk Keuskupan Bogor menggantikan Mgr. Michael Cosmas Angkur, OFM yang sebelumnyamengajukan pensiun karena usia lanjut.

Lahir pada tanggal 17 Mei 1962 di Ranggu, Keuskupan Ruteng di PulauFlores, NTT, Mgr. Paskalis Bruno Syukur OFM menyelesaikan pendidikanya diSeminari Menengah St. Pius di Kisol. Begitu selesai, Mgr. Paskalis lalumelanjutkan studi mengarah ke panggilan imamatnya dengan masuk menjadi anggotaOrdo Saudara Hina Dina (Ordo Fratrum Minorum/OFM) di Papringan, Yogyakartatahun 1981.

BersamaPastor Dr. Peter Aman OFM, Pastor Robby Wowor OFM, Mgr. Paskalis Bruno SyukurOFM mulai belajar filsafat dan sedikit mencicipi teologi di STF DriyarkaraJakarta pada tahun 1983 dan lulus sarjana muda (BA) filsafat tahun 1987 bersamasejumlah rekan mahasiswa dari kalangan Jesuit seperti Romo A.M. Roni Nurhayanto SJ,Romo Dr. Baskara Tulus Wardaya SJ, Romo EduardRatu Dopo SJ, Romo Herman Tjahja SJ, dan beberapa frater diosesan dari KAJ lainnya. Mereka ini adalah generasi terakhir mahasiswaSTF yang harus menempuh ujian BA, sebelum akhirnya boleh melanjutkan studilanjut bidang filsafat untuk memperoleh gelar doktorandus (Drs).
Beberapa tahun kemudian usai menjalanitahun-tahun orientasi pastoral, Mgr. Paskalis melanjutkan studi teologinya diFakultas Teologi Wedhabakti Universitas Sanata Dharma di Kampus Seminari TinggiSanto Paulus Kentungan, Yogyakarta.

Mengucapkan kaul kekalnya sebagai anggotaOFM pada tanggal 22 Juni 1989 dan menerima tahbisan imamatnya pada tanggal 2Februari 1991. Sebagai imam muda, Mgr. Paskalis menjalanitugas pastoral di kawasan Moanemani, Keuskupan Agung Jayapura di Papua tahun1991-1993 dan kemudian ditugaskan belajar spiritualitasdi Roma kurun waktu tahun 1993-1996.

OFM Provinsi Indonesia kemudian menugasiMgr. Paskalis sebagai magister novis untuk para frater calon OFM di NovisiatOFM di Depok, Kabupaten Bogor kurun waktu 1996-2001. Berikutnya dia menjadisemacam pastor pendamping frater-frater di komunitas OFM sekaligus menjadianggota Dewan Provinsi OFM Indonesia dan berikutnya menjadi Provinsial OFMProvinsi Indonesia kurun waktu 2001-2009.

Selepas dari jabatannya sebagai ProvinsialOFM di Indonesia, Mgr. Paskalis dipanggil tugas ke Roma untuk menduduki pospenting sebagai definitore generaledi “markas besar OFM” di Roma untuk urusan wilayah Asia dan Oceania.
Saat Bapa Suci Paus Fransiskus resmimengumumkan penunjukan dirinya sebagai Uskup baru untuk Keuskupan Bogor, Mgr.Paskalis Bruno Syukur OFM masih bertugas di Generalat OFM di Roma.

Sumber:
http://www.youtube.com/watch?v=QjMqiJa8v0E
http://www.sesawi.net/2013/11/21/breaking-news-pastor-dr-bruno-paskalis-syukur-ofm-uskup-baru-diosis-bogor/
http://www.sesawi.net/2013/11/21/sepintas-tentang-mgr-paskalis-bruno-syukur-uskup-baru-keuskupan-bogor/
http://www.ofm.org/ofm/?p=6369&lang=it



Komentar

  1. Vinsensius Felisianus Kama Ofs
    Terpujilah Engkau, Tuhanku,
    karena Engkau telah menganugerahkan
    ke tengah keluarga besar FRANSISKAN
    kedua SAUDARA kami ini.

    Semoga SUARA dari SALIB
    yang telah diterima Bapa Serafik Fransiskus Assisi
    untuk MEMPERBAIKI GEREJA,
    juga menjadi SUARA yang terus bergemuruh
    sekaligus meneguhkan dalam tugas perutusan mereka
    di mana pun mereka berada
    dan apa pun tugas perutusan yang mereka emban
    dalam dukungan para SAUDARA
    dalam kebersamaan PERSAUDARAAN SEMESTA.
    Mgr Michael Angkur dan Mgr.Paskalis BS
    Mgr Michael Angkur dan Mgr.Paskalis BS

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MISA SYUKUR INKULTURASI SUNDA CIGUGUR

The TAIZE COMMUNITY FOTO ALBUM AND MP4